Puncak Gagoan Antara Keindahan Alam dan Uji Adrenalin


Puncak Gagoan menyibak panorama alam yang memanjakan mata, tapi cukup memacu adrenalin. Rasa penasaran menyita perhatian banyak kalangan yang ingin membuktikannya. Bagi generasi milenial, tempat ini sangat menarik dan cukup instagenik.

Sudah lama juga saya tidak menjelajah dataran tinggi, cuci mata melihat yang hijau-hijau. Tidak ada salahnya juga explore tempat ini. Secara administrasi, Puncak Gagoan ini berlokasi di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Tidak begitu jauh dari Kota Padang, sekitar 3 jam berkendara motor via Pasar Sumani.


Puncak Gagoan atau juga dikenal dengan nama Sandiang Gagoan. Posisinya berada di dataran tinggi, berupa perbukitan yang penuh dengan ilalang dan tebing bebatuan cadas yang kemiringannya yang sangat curam. Hal ini sesuai dengan namanya, Gagoan yang berasal dari kata Gagau berarti Gamang atau takut ketinggian.

Untuk bisa sampai ke Puncak Gagoan cukup jauh dan memakan waktu. Akses jalannya sudah ada, meskipun hanya satu jalur. Memang disarankan menggunakan motor. Itupun harus berhati-hati dan berkendara penuh dengan konsentrasi.

Jalurnya cukup ekstrim, mendaki menurun, menyusuri badan bukit yang terdapat jurang. Tidak sulit sudah terindeks oleh Google Maps dan jika bingung bisa bertanya kepada masyarakat sekitar saja. 

Puncak Gagoan dan Spot Fotogeniknya



Puncak Gagoan ini menjadi spot fotogenik yang viral di Instagram. Terdapat tebing bebatuan dengan pepohanan yang rimbun dan view danau Singkarak menjadi pemikatnya. Seakan suasana tersebut menjadi menjadi magnet pengujung untuk datang ke tempat ini (selain karena penasaran dan ingin hits juga). Walaupun sebenarnya akan dirundung kecemasan saat tiba di lokasi.

Bukan itu saja, ada lagi spot yang menarik dan memang sangat menantang. Inilah hamparan padang ilalang yang bikin mata segar. Untuk menjumpainya membutuhkan usaha yang ekstra karena harus menyusuri dinding bukit dengan kemiringan yang cukup tinggi, dan resiko tertimpa bebatuan.

Puncak Gagoan
Puncak Gagoan

Padang ilalang ini berada di puncak bukit ini masih di kawasan Bukit Sandiang Gagoan. Dari puncak ini menyajikan landskap danau Singkarak dari kejauhan dengan hamparan padang ilalang yang tumbuh subur serta hutan yang masih rapat di sudut lainnya. 

Saat tiba dipuncak bukit ini akan berjumpa dengan tempat yang sedikit datar. Sepertinya dapat menjadi area berkemah. Sesekali awan rendah dapat dijangkau dan seolah dekat. Itupun jika beruntung. Suasananya sejuk khas dataran tinggi, tapi jika cuaca sangat bagus, sinar matahari akan terasa begitu terik. Sudah pasti kulit akan gosong.

Puncak Gagoan
Puncak Gagoan

Jika ini ke tempat ini sudah dipastikan kondisi fisik harus fit. Begitu juga kendaraaanya, rem, bahan bakarnya hingga kondisi mesinnya. Silahkan membawa jaket atau baju lengan panjang, topi hingga bisa juga menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

Boleh juga bawa makanan dan minuman, tapi ingat jaga kebersihannya. Saat menggabadikan gambar jangan terlalu gembia ria, jaga kesantunan di alam bebas. Terpenting tetap fokus dan selalu safety agar Puncak Gagoan tidak memakan korban.


Puncak Gagoan menjadi sempat viral di Instagram tahun 2015 dan cukup memberi dampak penghidupan bagi masyarakat setempat. Masih terlihat jelas dengan adanya posko untuk tiket masuk, musala, dan toilet serta pondok-pondok sederhana yang menjajakan makanan dan minuman. 

Itu dulu, saat saya tiba tidak terlihat ada aktivitas sama sekali. Sepi dan hanya bersama angin sepoy-sepoy yang menyapa. Sesekali terlihat ada masyarakat sekitar yang lewat untuk pergi ke ladangnya. Lumayan membingungkan juga. Hehehe


Puncak Gagoan ini juga menjadi sumber air bersih PDAM. Keberadaannya sudah lama tidak terdengar lagi. Belakangan kembali muncul ke permukaan dunia perinstagraman. Puncak Gagoan ini menjadi perbincangan dunia.

Salah satu postingan miliki Andhi Liansyah (@andhi_liansyah) difitur oleh Instagram pada 31 Januari 2019. Bagaimana pun juga secara otomatis Puncak Gagoan telah mendunia. Ini bentuk apresiasi dan promosi yang gratis. Para instragammer se-nusantara pun ramai mengomentari postingan ini.


Ranah Minang menyajikan pesona alam yang menawan, membuat terpukau. Termasuk Puncak Gagoan ini yang memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat alam dengan jiwa petualang yang tinggi. Antara keindahan alam dan uji adrenalin. Berani?
————————————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel