Menanti Senja di Pantai Nirwana Padang Ada Kenangan dan Kamu

Pantai Nirwana Padang

Pantai Nirwana? Hmm... Entah, pikiran apa yang mengantarkan langkah ini. Semuanya sangat tiba-tiba. Terbesit seketika dan langsung pergi. Langit cerah dan waktu sore memang kombinasi yang pas untuk bertandang ke pantai.

Baiklah, Pantai Nirwana atau Pantai Taman Nirwana ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Kota Padang. Pantai yang cukup recommended untuk didatangi.

Sesuai dengan namanya, Pantai Nirwana layaknya surganya pantai di Kota Padang. Keindahan alamnya begitu memikat dan membuat terpana.

"Jemput saja abang ke rumah, tapi agak sore-an ya. Soalnya cuaca Padang sedang panas banget," tulisku yang saya dikirim ke WhatsApp.

Pantai Nirwana, Objek Wisata Bahari Legendaris.


Pantai Nirwana cukup legendaris dikalangan generasi X Kota Padang. Pernah hits di zamannya, sekitar tahun 80-an. Kala itu menjadi tempat piknik dan melepas penat bagi masyarakat. Bahkan terkenal untuk tempat memadu kasih bagi kaula muda, bahkan hingga sekarang pun.

Pamornya kini kian redup dan tidak setenar Taplau dan Pantai Air Manis yang cukup familiar di telinga wisatawan. 

Pantai Nirwana dekat sekali dengan Pelabuhan Teluk Bayur, tepatnya di Jalan Raya Bungus-Painan, Kecamatan Lubuk Begalung, sekitar 15 km dari pusat Kota Padang.


Tidak sulit untuk menjumpainya. Tenang dapat terbaca oleh Google Maps, jadi jika sendiri pun ke sini tidak akan bingung, apalagi tersesat. Cukup tersesat di hatinya. Eaa

Jika berangkat dari pusat kota, posisinya ada disebelah kanan dan harus turun dari badan jalan menuju pesisir pantai hingga nantinya berjumpa bangunan yang menjadi pintu masuk menuju area pantai.

Pantai ini tidak dikelola oleh pemerintah daerah tapi oleh masyarakat setempat. Pengunjung akan dikutip retribusi masuk sebesar Rp.10 ribu untuk orang dewasa dan Rp.5 ribu untuk anak-anak.

Baca: 48 Jam Liburan di Kota Padang? Ini Loh Tempat Wisatanya

Pantai Nirwana yang Mengesankan


Pantai Nirwana Padang

Usai membayar, bebas deh mau menjelajah pantai dengan sepuasnya. Ada banyak pilihan menikmati Pantai Nirwana Padang. Memasuki areanya ada tempat yang cukup luas dengan barisan pondok menghadap ke laut yang dinaungi pohon waru dan kelapa.

"Kita parkir di spot favorit Pantai Nirwana saja ya," ucapku pada seorang adik yang menemani jelajah kali ini. Namanya Wahyu.


Mau berenang atau membasahi badan sembari bermain pasir? Boleh. Mau piknik bersama keluarga? Bisa juga. Mau bersantai menikmati suasana pesisir pantai? Tidak masalah. Pilihan terakhir, mau berfoto-foto? Ini juga mantap.

Pantai Nirwana Padang memiliki garis pantai sekitar 3 km dengan hamparan pasir putih yang landai dan berkarang. Terkadang pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Karang Tirta.

Ombaknya tidak terlalu besar dan cukup tenang. Sayangnya rawan abrasi. Jika berjalan menyusuri pantai akan banyak ditemukan karang-karang mati sesekali juga banyak rumput laut dan ubur-ubur mati yang terdampar.


Pantai selalu menjadi objek favorit untuk mengabadi gambar, termasuk di Pantai Nirwana ini. Meskipun seperti pantai-pantai pada umumnya, Pantai Nirwana ini terdapat satu spot menarik yang wajib untuk dinikmati.

Terdapat sejumlah habitat pohon mangrove dan vegetasi pohon kelapa yang menjadi pemikatnya. Sekilas tempat ini mirip di Pantai Walakiri Sumba. Ala-ala gitu. Meski cuma terdapat empat pohon Mangrove.


Baca: 4 Pantai untuk Berburu Sunset Indah di Kota Padang

Menanti Senja di Pantai Nirwana



Kalo mau ke pantai mending sore, biar asik dan biar bisa berjumpa dengan senja. Dengan catatan cuaca harus cerah. Suasana ketika matahari terbenam menjadi incarannya para fotografer.

Kemolekan alamnya menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk menangkap pesona kawasan pesisir pantai dan biasa menjadi lokasi favorit hunting foto serta prawedding.

"Cakep bang tempatnya! Coba agak cerah sedikit pasti lebih berwarna langitnya. Biar bagus fotonya," celetuknya ketika motret di Pantai Nirwana.


Romansa yang diciptakan sangat syahdu. Momen pergantian siang ke malam itu. Ada kelap kelip lampu pelabuhan dan lalu lalang kapal, serta garis horison lembayung diangkasa yang merona.

Apapun kondisinya, saat itu seakan menjadikan suasana sekitarnya sangat romantis.

"Coba bang kalo foto berdua pasti lebih keceh nih, oh Pantai Nirwanaaa," tambahnya.

Pantai Nirwana Padang

Melepas senja di Kota Padang selalu memberikan cerita dan kenangan. Bagaimana pun kala senja tidak akan pernah lupa untuk meninggalkan jejaknya.

Pantai Nirwana salah satunya. Lagi pula tidak banyak yang tahu dan mau berkunjung ke pantai ini.

"Sudah semakin gelap. Yuk kita pulang. Kapan-kapan kita hunting ke Pantai Nirwana lagi," sebutku sembari menghidupkan kontak motor. 
———————————————————————————————————————————————
©Hak Cipta Bayu Haryanto. Jika mengkopi-paste tulisan dan foto ini di situs, milis, dan situs jaringan sosial harap tampilkan sumber dan link aslinya secara utuh. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel